Home » » Tips Memilih Tabung Gas yang Aman Digunakan

Tips Memilih Tabung Gas yang Aman Digunakan

Tips Memilih Tabung Gas yang Aman Digunakan-Pada kesempatan kali ini admin ingin memberikan beberapa tips dalam memilih tabung gas Elpiji yang aman dalam penggunaan sehari-hari. yuk disimak.

Jika bicara soal gas sebagai bahan bakar, tidak akan jauh bicara soal keamanan. Logikanya, bahar bakar berbentuk gas akan lebih cepat dan lebih mudah menguap dan terbakar.

Tips Memilih Tabung Gas yang Aman Digunakan


Maka dari itu, Pertamina sebagai produsen Liquid Petroleum Gas (LPG) mengantisipasinya dengan lebih memperketat kualitas dari tabung yang akan dipakai, baik tabung gas berukuran 3Kg atau 12Kg. 

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan pun mengeluarkan produk LPG lainnya yaitu jauh lebih aman, sekaligus menghadirkan varian produk lain ke pasaran. Bright Gas LPG terbaru Pertamina tersedia dalam ukuran 12Kg.   

Secara komposisi, Bright Gas masih sama dengan produk LPG lainnya. Namun, Bright Gas punya beberapa keunggulan yang tidak dimiliki oleh produk Elpiji Pertamina lainnya. Seperti, pada tabung Bright Gas seluruhnya telah dilengkapi dengan katup pengaman ganda (Double Spindle Valve System) yang membuatnya 2x lebih aman. Sehingga jika salah satu katupnya rusak, gas tidak akan langsung keluar dari tabung tetapi akan tertahan oleh katup pengaman yang satunya. 

Dan yang sangat menarik, tabung Bright Gas punya dua pilihan warna, yaitu ungu dan merah muda, sehingga keberadaannya akan mempercantik suasana dapur Anda dan menjadikan memasak lebih ceria dan menyenangkan. Dan untuk memahami tata cara menggunakan dan mememasang Bright Gas tidaklah sulit, karena khusus untuk Bright Gas tabungnya dilengkapi dengan sticker petunjuk penggunaan yang dapat mempermudah konsumen dalam menggunakan produk ini. 

Selama masa promo Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan, anda dapat mendapatkan gratis Voucher Pertamax sampai dengan 100 ribu untuk pemesanan ELPIJI 12 kg dan Bright Gas melalui 500 000 dengan syarat dan ketentuan berlaku. Anda pun dapat semakin nyaman dengan fasilitas tukar tabung ELPIJI 12 kg ke Bright Gas secara cuma-cuma. Segera manfaatkan kesempatan terbatas ini.
  1. Ada baiknya sebelum membeli kita teliti terhadap tabung gas LPG yang akan kita pilih, pilihlah tabung gas yang kondisinya baik. Yakni mutu pengelasannya baik dan mulus, tanpa penyok, tanpa karatan, goresan, cungkilan, dan tonjolan. Lalu perhatikan, apakah juga terdapat logo SNI alias Standar Nasional Indonesia. Pastikan juga segel plastik dalam keadaan baik. Jika segel plastik lepas, karet pengaman masih ada dan dalam keadaan elastis, tidak longgar, aus, atau robek.
  2. Untuk memastikan tabung yang dibeli asli dari Pertamina juga ada beberapa panduan. Pertama pada tabung tercantum kode-kode yang tergrafir dengan rapi dan jelas, bila tidak kemungkinan palsu. Kode tersebut meliputi nomor seri botol, kapasitas nominal, berat botol kosong, berat isi elpiji, tahun pembuatan, logo elpiji, dan tanda uji ulang tes pressure berupa bulan dan tahun.
  3. Untuk sekedar informasi,tabung elpiji yang dikeluarkan Pertamina dilengkapi safety valve yang secara otomatis akan terbuka pada tekanan 24.8 kilogram per sentimeter persegi. Ketiga tekanan uap elpiji cair dalam tabung sekitar 4-9 kilogram per sentimeter persegi. Keempat tekanan maksumum tabung tabung 180 hingga 130 kilogram per sentimeter persegi. Jadi tabung mempunyai kekuatan sembilan kali lipat dari tekanan elpiji sendiri.
  4. Sebelum menggunakan tabung gas tersebut, anda harus menempatkan tabung pada ventilasi terbaik. Pastikan regulator dalam kondisi baik dan terpasang erat pada katup tabung dan posisi knop regulator mengarah ke bawah. Pastikan juga selang dalam kondisi baik dan terpasang erat dengan klem pada regulator maupun kompor, dan tidak tertekuk atau tertindih.
  5. Saat mengganti tabung gas yang lama, pastikan tidak ada sumber api (rokok, kompor) menyala karena dimungkinkan masih ada sisa gas.
  6. Yang terakhir, jika terjadi kebocoran. Maka segera matikan kompor lepas tabung gas dari regulator dan bawa tabung ke tempat terbuka dengan sirkulasi udara baik. Buka semua ventilasi udara selebar-lebarnya sampai bau khas LPG hilang. Dan jangan menghidupkan sumber api, peralatan listik, dan peralatan lainnya yang dapat menimbulkan percikan api atau listrik. Terakhir, periksa sumber kebocoran dengan mencelupkan tabung pada bak berisi air.
Semoga dengan Tips Memilih Tabung Gas yang Aman Digunakan diatas kita bisa terhindar dari ledakan Tabung gas LPG dan bisa mengurangi tingkat kejadian di Indonesia. (dikutip dari berbagai sumber).