Home » » Tips Memilih Domain dan Hosting

Tips Memilih Domain dan Hosting

Tips Memilih Domain dan Hosting - Ada beberapa strategi yang perlu diperhatikan dalam memilih nama domain serta memilih jasa hosting untuk bisnis onine kita. Mengapa Perlu Membuat Website? Apa itu Domain dan Hosting? Pada artikel ini tidak banyak menerangkan pengertian ataupun kegunaan dari Domain dan Hosting, lebih detailnya Anda dapat melihat artikel Pengertian Domain dan Pengertian Hosting biar lebih jelas. Agar bisnis online Cara Membuat Website Sendiri kita bisa berjalan lancar dan bias mendatangkan banyak trafik. Berikut adalah tips memilih domain dan hosting:

Tips Memilih Domain dan Hosting


Tips Memilih Domain :
  • Keterkaitan nama domain dengan topik blog atau web Anda. Misalnya blog Anda dengan topik Kesehatan maka Domain yang hendak Anda pilih adalah yang masih ada kaitannya dengan dunia kesehatan, misalnya: carasehat.com.
  • Pilih Nama domain yang tidak terlalu rumit tetapi mudah diingat dan sesuaikan dengan target lokasi. Misalnya : blog tentang Kesehatan dengan domain carasehat.com . Domain ini tidak rumit dan mudah diingat. Target lokasi ini maksudnya adalah target pengunjung blog Anda nantinya. Jika target pengunjung hanya lokal (Indonesia) sebaiknya domain menggunakan bahasa indonesia.
  • Usahakan mencari domain TLD yang .com, Karena Domain TLD .com adalah Top Level Domain yang paling tinggi. Jika domain yang anda inginkan sudah dipakai, cobalah dengan menggunakan penghubung misalnya cara-sehat.com. Dan jika domain yang anda inginkan benar-benar sudah dipakai, barulah Anda mencoba menggunakan Domain TLD yang lainnya. Dan sesuai dengan dengan isi blog atau web anda.
  • Hindari menggunakan nama domain yang berbau sara. Anda harap berhati-hati dalam memilih domain, Jangan sampai domain Anda menggunakan kata-kata yang berbau SARA atau sejenisnya. Karena hal ini akan menyebabkan blog atau web anda akan di blacklist oleh mesin pencari yang pada akhirnya akan berakibat buruk pada trafik pengunjung.
  • Cari domain yang SEO Friendly. Jika domain anda sudah sesuai dengan tema blog atau web anda maka sekarang anda berpikir agar domain anda SEO Friendly karena hal ini akan mempermudah terbacanya blog dan web anda di mesin pencari.

Masih bingung apa itu Domain dalam Cara Membuat Website Sendiri? Silahkan simak artikel berikut: Pengertian Domain

Tips Memilih Hosting :

  • Pastikan memilih hosting yang sesuai dengan kebutuhan dan jenis web atau blog Anda.
  • Pilih Server Hosting yang sesuai dengan target Visitor Blog Anda. (Server Hosting USA, SGP, IIX, dll). Jika target vistor Anda dari lokal (Indonesia) maka pilihlah Server Hosting yang IIX begitu juga sebaliknya.
  • Cari Hosting yang memiliki Fitur Lengkap seperti PHP, MySql, SubDomain, dll.
  • Pastikan cek kecepatan hosting yang akan Anda sewa. Bisa dengan tool di http://host-tracker.com
  • Pastikan Layanan Hosting yang anda pilih memiliki Pelayanan yang bagus. Kalau bisa yang memiliki Pelayanan 24 Jam.
  • Pastikan Space dan Bandwith sesuai dengan kebutuhan Anda. Bandwith harus besar kalau perlu Unlimited jika Web Anda memang memerlukan bandwith yang besar.
  • Cari informasi mengenai Penyedia LAyanan Hosting yang anda pilih ke Forum-Forum atau rekan yang lebih tau.
  • Hosting merupakan tempat menyimpan file-file penting Anda, maka dari itu pilihlah yang memiliki Pelayanan Keamanan yang bagus. Kalau perlu ada Garansinya. (Untuk Hal ini dapat ditanyakan ke Sales Penyedia Hosting terkait).
Masih bingung apa itu Hosting? Silahkan simak artikel berikut: Pengertian Hosting

Itulah beberapa Tips Memilih Domain dan Hosting yang mungkin bisa anda coba sebelum anda Belajar Membuat Website.